marketing@cmi-led.com | +6221 666 75 020

tips beli LED videotron

Untuk tips #2 membeli LED videotron murah, Hal apa yang perlu di perhatikan?

Melanjuti artikel sebelumnya, Tips #1 membeli LED videotron murah klik di sini. Berikut ini juga tips #2 sebelum membeli LED videotron yang perlu di perhatikan.

1. Resolusi layar

Nah hal ini yang kadang masih banyak orang salah pemahaman. Mendengar kata resolusi layar, apa yang anda pikirkan?. Apa anda langsung berpikir tentang ukuran layar LED videotron?. Atau tentang kualitas gambar dengan warna yang cerah?.

Resolusi layar adalah jumlah pixel (lampu LED) yang ada dalam satu ukuran layar. Jika anda membeli LED videotron murah, mungkin karena spek resolusi layarnya lebih rendah. Lalu yang cocok dengan kebutuhan anda yang seperti apa?. 

cmi tabel resolusi layar LED Videotron

Tabel resolusi layar (wikipedia)

Misal HD pada tabel di atas, memiliki rasio layar / ukuran layar 16 : 9 dengan jumlah pixel (lampu LED) 1360 pada satu baris panjang dan 768 pada baris lebarnya. Sedangkan 4K dengan rasio yang sama, jumlah pixel (lampu) pada baris panjang 3840 titik pixel (lampu LED) dan lebar 2160. Dengan kata lain jika ukuran layar LED TV / LED display / LED videotron sama, resolusi layar belum tentu sama.

Contoh : Jika anda ingin membeli led videotron dengan ukuran layar 2×4 meter. Jarak pandang dari layar dengan mata / audiance kurang lebih 4 meter. Spek LED seperti apa yang sesuai dengan kebutuhan anda? 

Pertama sesuai jarak pandang, kita sudah dapat tentukan ukuran pixel normal 4 mm. Untuk kompare harga, gunakan juga ukuran pixel di atas dan di bawah normal. Misal pixel 2 dan 6 mm. Ubah satuan panjang yang 4 meter menjadi 40.000 mili meter.

resolusi layar led videotron

Menggunakan pixel pitch 4 mm

Panjang 40.000 mm di bagi 4 mm = 10.000, (artinya ada 10.000 pixel dalam satu baris panjang).

Lebar 20.000 mm dibagi 4 mm = 5.000, (artinya ada 5.000 pixel dalam satu baris lebar).

Berarti kualitas gambar bisa sampai dengan 8K (lihat tabel resolusi layar).

Menggunakan pixel pitch 2 mm

Panjang 40.000 mm di bagi 2 mm = 20.000, (artinya ada 20.000 pixel dalam satu baris panjang). 

Lebar 20.000 mm dibagi 2 mm = 10.000, (artinya ada 10.000 pixel dalam satu baris lebar).

Berarti kualitas gambar bisa sampai dengan 8K (sesuai tabel resolusi layar).

Menggunakan pixel pitch 6 mm

Panjang 40.000 mm di bagi 6 mm = 6.666,66 (artinya ada 6.666 pixel dalam satu baris panjang). 

Lebar 20.000 mm dibagi 6 mm = 3.333,33 (artinya ada 3.333 pixel dalam satu baris lebar).

Berarti kualitas gambar bisa sampai dengan 4K (sesuai tabel resolusi layar).

Jadi Jika menggunakan pixel pitch 2 mm, berarti anda melakukan pemborosan. Karena pixel pitch 2 mm lebih mahal dari pada pixel pitch 4mm. Sedangkan kualitas gambar sama-sama 8K. Hanya jarak pandang lebih ideal, dari 4 meter menjadi 2 meter.

Jika menggunakan pixel pitch 6 mm, berarti anda melakukan penghematan. Karena pixel 6 mm lebih murah di bandingkan pixel pitch 2 mm dan 4 mm. Tapi kualitas tampilan berkurang menjadi 4K.

Jika menggunakan pixel pitch 4 mm anda membeli sesuai kebutuhan.

tips led #2 videotron Murah ga murahan
2. Teknologi lampu DIP atau SMD

Dual inline package (DIP) merupakan teknologi Led yang telah ada selama lebih dari 50 tahun. meskipun tergolong teknologi tua dan ketinggalan jaman, DIP masih digunakan secara luas sampai hari ini untuk Led Display atau papan reklame elektronik. Secara fisik DIP terdiri dari 3 buah lampu RGB (Red Green Blue). Karena terdiri dari 3 buah lampu, jarak pixel pitchnya paling rendah ≥ 6 mm. Brightness nya cenderung tinggi, sehingga led dengan lampu DIP umumnya untuk outdoor.

Surface Mount Device (SMD) juga diberi nama surface mounted technology (SMT). SMD merupakan pengembangan teknologi DIP. Secara fisik SMD terdiri dari single LED. Karena terdiri dari satu lampu LED, jarak pixel pitch SMD bisa hingga 1 mm. Sehingga LED SMD di pastikan bisa digunakan untuk indoor ataupun outdoor.

Tapi perlu di ketahui, dengan spek yang relatif sama antara SMD dan DIP. Harga SMD akan lebih mahal dibanding DIP.

3. Power konsumsi

Power konsumsi di sini adalah jumlah daya listrik yang di konsumsi LED videotron untuk dapat hidup. Perhitungkan power konsumsi maximum / konsumsi listrik saat pertama di hidupkan dan power konsumsi rata-rata / konsumsi listrik saat hidup. Hal ini perlu agar saat menggunakan LED tidak mengalami putus arus atau biasa di sebut jepret / ngetrip. Dan selama LED hidup, peralatan elektronik lain juga tetap dapat di gunakan.

Jadi dalam membeli LED Videotron bukan hanya melihat pada harga. Tapi utamakan yang sesuai dengan kebutuhan. Kualitas dan harga otomatis akan mengikuti sesuai dengan kebutuhan.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Beli produk disini

Artikel yang bisa kamu baca selanjutnya.

Logo pt creative media indonesia
PT. CREATIVE MEDIA INDONESIA
A-21 Rukan Sentra Bisnis Pluit
Jl. Pluit Sakti no. 28
Jakarta 14450
Indonesia
Phone : +6221 666 75 020
Reach us via Social Media
Copyright © 2019.02 CMI