marketing@cmi-led.com | +6221 666 75 020

Reklame billboar vs LED display cmi

Pengertian LED display dan billboard / papan reklame.

Sebelum membahas tentang kelebihan LED display dan billboard. Taukah anda apa itu LED display?. Ya, LED display adalah LED videotron. Yang membedakan hanya namanya saja. Di Indonesia orang lebih familyar dengan sebutan LED Vidiotron, sedangkan di luar negri di sebut LED display.

Lebih jelas tentang LED display / LED Videotron klik di sini.

Taukah anda apa itu papan reklame / billboard?. Papan Reklame / billboard adalah media yang di buat untuk menyampaikan informasi. Reklame berasal dari kata re dan clamare, dalam bahasa latin re = berulang, clamare = seruan. Reklame berisi iklan yang di tujukan untuk di lihat pejalan kaki maupun pengendara kendaraan yang melewati nya (wikipedia).

Persamaan dan perbedaan LED display dan billboard.

Namun pada dasarnya ke dua media iklan ini memiliki persamaan. Apa saja persamaan ke dua media tersebut? Di antaranya sebagai alat untuk menyampaikan informasi. Lalu informasi apa saja yang bisa di sampaikan?. Informasi yang di sampaikan bisa berupa produk, jasa, promo, lowongan pekerjaan, peraturan / himbauan, jadwal acara dan kampanye.

Selain itu ke dua media ini juga di anggap sebagai salah satu alat yang efektif, untuk meningkatkan interest dan awareness audience. Hal ini di dukung berdasarkan research dan tanggapan dari pengguna media tersebut.

Di samping itu ukuran dan bentuk media iklan ini cukup fleksibel, bisa di sesuaikan dengan kebutuhan yang di inginkan. Penempatan nya bisa di dalam dan luar ruangan (bisa di mana saja).

Dari segi perbedaan, hal yang paling mencolok dari ke dua media ini adalah? dari cara kerja dan penyampaian informasi. Untuk papan reklame (billboard), informasi pada bidang di buat dari cat atau stiker. Dan untuk pencahayaannyapun terpisah, bisa di pasang di luar papan atau di dalam papan reklame (biasa di sebut neon box). Sedangkan untuk LED display, pencahayaan dan informasi yang di sampaikan menggunakan teknologi digital. Yaitu dengan menggunakan lampu LED.

Kemudian dari segi penciptaan, papan reklame (billboard) jauh lebih dulu di ciptakan sebelum papan reklame digital (LED display) muncul. Hal ini karena papan reklame digital (LED display) yang ada pada saat ini, adalah hasil dari pengembangan dan perubahan papan reklame konvensional.

cmi reklame (billboard) vs led display.

Kelebihan LED display dan billboard / papan reklame.

Papan reklame (bilboard) adalah media periklanan yang sudah menjadi andalan dunia sejak dari abad ke 19. Dan saat ini papan reklame (billboard) masih jadi salah satu alternatif pilihan untuk menyampaikan informasi. Walaupun saat ini popularitasnya mulai bergeser dan di gantikan oleh papan reklame digital (LED display). Hal ini terjadi karena papan reklame (billboard) sudah di anggap ketinggalan jaman dan papan reklame digital (LED display) mempunyai kelebihan lain.

Apa saja keunggulan LED display yang tidak ada pada papan reklame (billboard)?

1. Multi informasi.

Kebutuhan untuk memberi dan menerima informasi, setiap hari sangat beragam dan dinamis. Hal ini lah yang di rangkum LED display sebagai solusi dari pengembangan papan reklame (billboard).

Papan reklame konfensional bisa saja melakukan hal ini. Tapi harus dengan cara membagi bidang menjadi beberapa blok informasi. Semakin banyak informasi yg ingin di sampaikan, blok informasi juga akan semakin banyak. Hal ini bisa mengakibatkan penyerapan informasi jadi berkurang dan tidak fokus. Bahkan mungkin tidak terbaca, karena terlalu kecil dan banyak.

Dengan LED display, berapapun jumlah konten / informasi yang ingin di sampaikan. Dapat tampil fit sesuai ukuran bidang / layar. Hal ini di pastikan tidak dapat di lakukan oleh papan reklame konvensional.

Singkatnya hanya dengan satu LED display, kita bisa menyampaikan beberapa informasi tanpa mengurangi kualitas konten.

2. Lebih informatif (Informasi lebih mudah di pahami).

Pernah kah anda merasa bingung, apa kah maksud dari konten / iklan statis yang anda lihat?. Ya, jika konten / iklan statis di buat dengan tidak tepat, dapat menimbulkan pesan ambigu atau bahkan tidak dapat di mengerti oleh audience.

Atau apa kah anda termasuk audiance yang malas untuk membaca tulisan / gambar yang cukup panjang?. Belum lagi jika di batasi oleh waktu untuk melihat konten, hanya beberapa detik saja?. Hal ini dapat di permudah dengan gambar bergerak.

Ya, apa kah anda pernah melihat film atau tayangan tanpa suara, namun anda mengerti maksudnya?. Hal ini membuktikan bahwa konten statis berupa gambar / tulisan yang panjang, dapat di ringkas dengan sedikit konten bergerak. Artinya walaupun konten bergerak di sajikan untuk seorang pemalas, isi nya akan tetap mudah di konsumsi dan di pahami.

3. Kualitas dan umur pemakaian lebih lama.

Nah ini yang paling penting, kualitas merupakan hal yang paling penting dalam hal apapun. Teknologi LED display sudah pasti dapat memberikan kualitas gambar yang lebih baik dari pada papan reklame (billboard). Baik dari segi jumlah warna, ketajaman warna, gradasi warna dan brightness. Selain itu, kualitas gambar yang di tampilkan LED display tidak akan berkurang.

Berbeda dengan papan reklame (billboard). Dalam jangka waktu tertentu tampilan gambar  di pastikan akan memudar, baik karena faktor panas, debu dan hujan. Hal ini berarti lambat laun kualitas dan umur pemakaian nya akan berkurang. Sehingga perlu ada nya maintenance / service papan reklame (billboard).

Di samping itu, LED display memang di ciptakan dengan rentang umur pemakaian yang cukup lama. Berbeda dengan televisi rumahan, umur penggunaan LED display hingga 100.000 jam menyala 24 jam nonstop. 

4. Proses teknis lebih cepat.

Pada dasarnya, pembangunan konstruksi LED display dan papan reklame (billboard) adalah sama. Menggunakan pondasi dan tiang penyangga (jika di butuhkan) serta rangka papan reklame. 

Setelah pemesanan, LED display dapat langsung di pasang. Tidak ada istilah menunggu cat kering, belum di printing, terjadi kesalahan gambar dan salah printing. Kemudian jika di pelukan maintenance / service, cukup meriper blok LED yang di perlukan.

Selain itu untuk penambahan dan perubahan iklan / konten juga lebih mudah dan cepat. Cukup buat iklan / konten yang ingin di pasang, upload pada cloud dan konten langsung tampil otomatis sesuai jadwal. Dan kelebihan lain nya, perubahan tersebut bisa di lakukan kapan saja dan di mana saja, dan tidak perlu ada bongkar pasang konstruksi.

Nah, dari penjelasan di atas dapat di simpulkan bahwa, LED display adalah upgrade dari papan reklame (billboard). Dan untuk saat ini sudah ada pengembangan yang lebih baru lagi, yaitu holografi. Dengan holografi, konten yang di tampilkan bukan hanya gambar bergerak 2D. Melainkan gambar bergerak 3D (wikipedia : Holografi). Tapi hal ini masih belum banyak di gunakan dan masih cukup mahal.

Jika ada hal yang ingin di tanyakan atau memberikan masukan? dapat dengan mengisi kolom komentar di bawah ini.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Beli produk disini

Artikel yang bisa kamu baca selanjutnya.

Logo pt creative media indonesia
PT. CREATIVE MEDIA INDONESIA
A-21 Rukan Sentra Bisnis Pluit
Jl. Pluit Sakti no. 28
Jakarta 14450
Indonesia
Phone : +6221 666 75 020
Instruction
Career
Reach us via Social Media
Copyright © 2019.02 CMI