marketing@cmi-led.com | +6221 666 75 020

Jarak pandang nyaman sesuai layar

Jarak pandang nyaman mata manusia

Taukah anda berapa jarak pandang nyaman melihat layar sesuai dengan ukuran layar anda. Dalam pemasangan display, poster, signage, sign system, dan way finding  selalu memperhitungkan jarak pandang, ketinggian dan pencahayaan. Hal ini perlu di lakukan agar objek dapat di lihat dengan jelas oleh pengamat. Dalam memandang, manusia memiliki keterbatasan yang di sebabkan oleh adanya batasan dimensi sudut pandang mata dan rentang gerak kepala.

Hal ini bisa di analogikan ketika anda nonton bioskop. Posisi kursi tengah kebelakang adalah posisi yang paling di buru. Bayangkan jika anda menonton bioskop dan berada di kursi bagian depan atau paling samping / pinggir, pasti akan terasa kurang nyaman. Hal ini di sebabkan karena dimensi layar lebih besar dari dimensi sudut pandang mata. Sehingga bola mata dan leher perlu bergerak untuk dapat mengikuti pergerakan film / subtittle (melihat objek yang di inginkan). Dan jika hal itu di lakukan selama film berlangsung (≥ 90 menit) pasti akan terasa tidak nyaman.

Tapi jika anda berada di posisi bangku tengah atau kebelakang, dimensi sudut pandang mata sudah dapat melihat seluruh layar dan pergerakan film. Sehingga leher cukup diam dan hanya sedikit pergerakan bola mata saja. Kalaupun ada gerakan, bola mata dan leher tidak perlu bekerja keras untuk mengikuti pergerakan film.

Tapi yang menjadi pertanyaan adalah berapa ukuran layar bioskop tersebut, besar dimensi sudut pandang mata dan berapa jarak kursi tengah ke layar?. Nah, di artikel ini kita akan membahas tentang berapa besar dimensi sudut pandang mata manusia normal secara umum. Jika sudah mengetahui hal tersebut, barulah kita dapat mengukur jarak pandang yang nyaman sesuai ukuran layar yang ada.

Dimensi sudut pandang mata

Dimensi sudut pandang mata manusia

Dimensi sudut pandang mata tergantung pada kegiatan mata. Kegiatan mata dapat di bagi menjadi dua, yaitu melihat dan mengamati. Mengamati merupakan kegiatan yang lebih mendetail dari sekedar melihat sehingga di butuhkan mata yang lebih fokus. Dalam menentukan jarak pandang nyaman untuk melihat layar. Harus memenuhi standar kenyamanan untuk melihat objek secara menyeluruh. Jarak ini dapat di katakan sebagai jarak ideal dan juga jarak terjauh untuk melihat layar.

Standar nyaman pandangan mata manusia yaitu, jika kemampuan mata dapat melihat seluruh objek tapi masih dapat melihat perbedaan warna dan membaca simbol / tanda.

Secara umum, dua bola mata manusia hanya memiliki sudut pandang tak lebih dari 120°. Itu pun tanpa memiliki titik utama / fokus. Maka di perlukan tiga orang untuk bisa melihat objek sekeliling yang luasnya 360°. Itu pun tanpa titik fokus. Semakin bola mata mengarah pada sebuah objek sebagai fokus, semakin kecil sudut pandang yang ia dapat. Ketika tatapan mata fokus pada suatu objek, sudut pandang mata hanya selebar 10° saja. Ketika membaca teks  ± 15° (antara 10°-20°). Namun, kadang jauh lebih baik ketika kita beranjak sedikit dari fokus agar bisa mendapat sudut pandang yang lebih luas.

Sudut pandang mata nyaman horizontal
gambar visual mata horizontal-6
dimensi sudut pandang mata manusia
  • Penglihatan binokular

Binokular adalah penglihatan di mana kedua mata di gunakan bersamaan. Dimensi visual yang dapat di lihat oleh kedua mata adalah ± 6 ke kanan dan ke kiri dari garis pandang (± 12). Walaupun kedua mata di gerakkan ke kanan / kiri hingga maksimum (± 166°) dimensi visual kedua mata tetap 120°.

  • Penglihatan monokular

Monokular adalah penglihatan di mana hanya menggunakan satu mata saja. Dimensi visual yang dapat di lihat oleh salah satu mata manusia adalah ± 4 (yaitu antara sudut 62° – 104° sebelah kiri/kanan). Walaupun mata digerakkan ke kanan/kiri hingga maksimum (± 166°) dimensi visual satu mata tetap 40°.

  • Area buta

Area buta adalah derah di luar batas dimensi penglihatan mata manusia. Atau bisa juga di sebut daerah yang tidak bisa terlihat oleh mata.

  • Visual dimensi maksimal

Pada gambar C di mana mata dan leher fleksibel / bebas bergerak. Dimensi visual dapat menjangkau 36, sehingga menghilangkan daerah buta (blind spot).

Dari penjelasan di atas, untuk dimensi visual horizontal mata yang nyaman ada di titik sudut 3. Kenapa? Karena seperti sudah di jelaskan, bahwa standart nyaman pandangan mata manusia yaitu jika kemampuan mata dapat melihat seluruh objek tapi masih dapat melihat perbedaan warna dan membaca simbol / tanda. Sedangkan sudut 3 adalah sudut di mana mata sudah dapat melihat perbedaan warna dan mengenali simbol tanpa perlu menggerakkan bola mata / leher.

Untuk mengukur jarak pandang nyaman dengan layar landscape klik di sini.

Untuk sudut pandang mata vertikal manusia secara umum. Mata kanan dan kiri memiliki besar sudut pandang yang sama. Maksimum 5 ke atas dan 70° kebawah dari garis pandang. Tapi Itu tanpa memiliki titik utama / fokus. Semakin bola mata mengarah pada sebuah objek sebagai fokus, semakin kecil sudut pandang yang ia dapatkan. Ketika tatapan mata fokus pada suatu objek, sudut pandang kita hanya selebar 1 saja. Ketika membaca teks  ± 15° (antara 10°-2). Namun, kadang jauh lebih baik ketika kita beranjak sedikit dari fokus agar bisa mendapat sudut pandang yang lebih luas.

Gambar visual mata vertikal
Gambar visual mata vertikal
Pergerakan kepala / leher nyaman
sudut gerak nyaman leher / kepala

Menurut teori mengenai kemampuan mata untuk melihat, berdasarkan sudut pandang mata terhadap suatu benda yang di ambil dari buku “Dimensi Manusia dan Ruang Interior”. Kemampuan mata manusia untuk melihat secara vertikal, memiliki standar nyaman pandang yaitu sudut 40° ke bawah dari garis pandang mata dan 30° ke atas dari garis pandang mata dengan asumsi bola mata melihat lurus ke depan. Pada sudut tersebut, mata dapat menganalisa perbedaan warna dengan baik sehingga objek akan terlihat jelas apabila berada dalam jangkauan sudut tersebut.

Untuk mengukur jarak pandang nyaman dengan layar Potrait klik di sini.

Tapi bisa juga benda tidak dapat terlihat dengan jelas, walaupun berada pada daerah garis pandang / daerah penglihatan mata. Kenapa? Karena benda berada di antara titik dekat mata / punctum proximum (PP) atau titik jauh / punctum remotum (PR).

Titik dekat adalah titik terdekat yang dapat di lihat mata secara jelas dengan mata berakomodasi maksimum. Jaraknya ± 25 cm (Seseorang dengan mata normal mempunyai titik dekat antara 15 cm hingga 25 cm). Pada titik dekat ini lensa mata akan mencembung maksimal. Sedangkan titik jauh adalah titik terjauh yang dapat dilihat mata secara jelas dengan mata tidak berakomodasi. Pada mata normal, titik terjauh adalah di titik tak hingga (s = ~).

share
share
share
share
share
share

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Beli produk disini

Artikel yang bisa kamu baca selanjutnya.