marketing@cmi-led.com | +6221 666 75 020

Jarak pandang nyaman

Variabel jarak dan ukuran ideal

Untuk dapat lebih mudah memahami artikel ini, lebih baik baca dulu artikel sebelumnya (klik di sini). Pada artikel sebelumnya kita sudah bahas tentang dimensi sudut pandang mata manusia. Sekarang kita coba mengukur jarak pandang nyaman untuk layar yang berbentuk landscape.

Ada dua hal yang mungkin menjadi pertanyaan anda. Berapa ukuran layar yang anda butuhkan jika anda sudah mengetahui luas area pasang / jangkauan layar?. Atau jika anda sudah memiliki layar dengan ukuran tertentu, berapa jarak ideal menonton layar anda?.

Untuk menghitung jarak tampilan terbaik, The Society of Motion Pictures and Television Engineers (SMPTE) dan THX Sertifikasi, memberi rekomendasi berdasarkan sudut pandang horizontal. The SMPTE memberi rekomendasi bahwa sudut pandang horizontal harus 30°. Sedangkan sertifikasi THX memberi rekomendasi sudut pandang horizontal sebesar 36°.

Dari ke dua sudut pandang di atas, penulis mengambil sudut pandang terkecil yaitu 30°. Karena sudut 30° adalah sudut istimewa, jadi nanti lebih mudah untuk menghitungnya. Selain itu dengan sudut 30° otomatis ukuran layar akan lebih kecil, sehingga lebih efisien.

Pertama kita akan mengukur jarak ideal dengan kondisi kepala diam dengan sudut pandang mata nyaman. Ke dua kita akan mengukur jarak ideal dengan kondisi kepala dalam batas gerak nyaman dan sudut pandang nyaman mata. Hal ini perlu untuk mengetahui sebaran terjauh (kiri dan kanan) audiance agar tetap dapat melihat layar dengan nyaman.

Jarak nyaman menonton

Menghitung jarak ideal

Dari besar dimensi sudut pandang mata manusia, kita dapat menghitung jarak pandang dan lebar layar yang dapat di jangkau mata.

visual mata horizontal, terhadap layar
rumus segitiga, cara menghitung jarak pandang mata
Sudut istimewa

Gambar di atas adalah gambar ilustrasi sudut pandang mata terhadap layar. Dari gambar di atas bisa di simpulkan bahwa semakin besar / kecil sudut pandang mata dengan jarak yang sama, layar juga semakin besar / kecil. Jika ukuran layar / sudut pandang tetap maka untuk dapat melihat / mengamati detail, jarak pengamat ke objek yang berubah. Untuk lebih jelas berikut contoh mengukur jarak / ukuran ideal dengan sudut pandang nyaman mata.

simulasi mengukur jarak ideal ruangan dan layar

Contoh :

Jika anda memiliki sebuah ruang meeting dengan ukuran panjang 12 meter dan lebar 8 meter. Pada ruangan tersebut rencana anda ingin memasang screen LED videotron. Jarak pandang mata terdekat audiance ke layar 3 meter. Berapa ukuran layar LED yang anda butuhkan jika di lihat dari sudut pandang nyaman mata terdekat?.

Jawab :

Pertama kita uraikan apa yang di ketahui dan apa yang ingin anda ketahui.

  • Di ketahui jarak pandang dari mata ke layar (x = 3 meter).
  • Di ketahui sudut pandang nyaman mata (θ = 30°).
  • Di tanya, berapa lebar layar yang di butuhkan (Y = ?).

Dari data tersebut kita dapat menghitung lebar layar yang di butuhkan dengan rumus dan langkah seperti di bawah ini.

menghitung jarak ideal pandangan mata ke layar

Nah, sesuai gambar dan rumus di atas, bahwa “Y” adalah setengah dari lebar layar. Jadi untuk lebar layar yang di butuhkan adalah. 1,731 meter di kali 2 = 3,46 meter. Cara cepatnya anda cukup mengingat angka 0.577 di kalikan berapa jarak audiance ke layar? hasilnya adalah setengah dari lebar layar.

Dengan lebar screen LED di atas, audience terdekat dapat melihat layar dengan nyaman. Dan tidak masalah jika ukuran di kurangi sesuai dengan kebutuhan. Jika ukuran layar di tambah, audiance terdekat akan merasa layar terlalu besar sehingga perlu menggerakkan leher dan bola mata untuk dapat melihat seluruh layar.

Gerak nyaman leher horizontal

Contoh Ke dua kita akan mengukur jarak ideal dengan kondisi kepala dalam batas gerak nyaman dan sudut pandang nyaman mata. Hal ini untuk mengetahui sebaran terjauh (kiri dan kanan) audiance terdekat agar tetap dapat melihat layar dengan nyaman. Standard batas gerak nyaman kepala adalah 45° ke arah kiri / kanan, dengan posisi badan dan kepala audiance menghadap lurus ke depan.

mengukur sebaran terjauh audiance terhadap jarak dan ukuran layar

Contoh :

Sebuah ruang rapat konferance / ruang teater dengan jarak pandang nyaman audiance terdekat ke layar adalah 3 meter. Berapakah jarak terjauh audiance dari titik tengah ke arah kiri dan kanan?

Jawab :

  • Jarak pandang nyaman mata terdekat (X) = 3 m

  • Sudut batas nyaman gerak kepala (θ) = 45°

Dari data di atas kita dapat mengilutrasikan dengan gambar seperti di bawah ini. Pandangan mata lurus ke depan layar, kemudian leher bergerak ke kanan sebesar 45°. Dari gambar sudut pandang tersebut, maka akan membetuk sebuah segi tiga siku-siku dengan dua buah sudut berimbang sebesar 45°. Jika di tambah dengan garis pertemuan antara jarak layar ke audiance dan jarak terjauh audiance ke titik tengah. Maka akan membentuk sebuah kotak segi empat sama sisi.

ilustrasi sudut gerak nyaman leher
gereka nyaman leher 45 derajat

Nah dari gambaran tersebut dapat di simpulkan bahwa, jarak terjauh audiance dari titik tengah ke (kiri / kanan). Sama dengan jarak dari titik tengah layar ke titik tengah audiance terdekat sebesar 3 meter. Jadi sebaran terjauh audiance terdepan adalah 6 meter, terhitung 3 meter ke kanan dan 3 meter ke kiri dari titik tengah kursi / layar. Hal ini bisa di hitung dengan syarat, kepala dan badan 

Tapi sebaran audiance bisa saja lebih jauh jika di tambah dengan variabel lain. Seperti gerak nyaman badan / pinggang dan gerak fleksibel kursi. Hal tersebut bisa anda tambah jika di butuhkan.

Lebih jelas cara mengukur jarak idela layar dalam inch klik di sini.

share
share
share
share
share
share

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Beli produk disini

Artikel yang bisa kamu baca selanjutnya.