marketing@cmi-led.com | +6221 666 75 020

CMI scaling dan layout konten

Cara scaling konten

Taukah anda apa itu scaling?. Ya, scaling di sini tidak ada hubungan dengan gigi dan kesehatan, tapi berhubungan dengan ukuran konten. Scaling yang di maksud adalah bagaimana cara mengubah skala / ukuran konten pada layar, agar konten tampil sesuai dengan ukuran yang di inginkan.

Pada artikel yang lalu (cara upload dan publish konten signagelive) kita sudah membahas cara menampilkan konten pada layar digital anda. Tapi jika anda mengalami masalah dengan tampilan konten (konten lebih kecil / besar dari pada layar, ingin membagi layar dan menambah widget) perlu di lakukan setting scaling / layout signagelive.

Pertama masalah konten lebih kecil / besar dari pada layar, hal ini perlu di lakukan scaling, caranya sebagai berikut.

1. Klik “content” lalu pilih “layouts”

CMI scaling konten

2. Klik tanda plus “+” lalu pilih “layout”

CMI layout konten

3. Klik “layout properties” ini adalah ukuran resolusi layar yang akan anda gunakan (kanvas). Saat ini saya menggunakan screen AOPEN Chromebase 10” dengan ukuran resolusi 1280 x 800

4. Isi kolom Width / Lebar dan Height / tinggi sesuai ukuran resolusi layar yang anda gunakan. Setelah itu klik “OK”

CMI scaling / layout konten

5. Klik “schadulable zone” pada toolbar. Schadulable di gunakan untuk upload file gambar / vidio. Kemudian untuk mengatur posisi dan ukuran klik “zone properti”. Tapi jika ingin cara cepat bisa dengan klik and drag untuk memindahkan posisi konten. Klik and drag kolom hijau yang berada di sisi layout untuk memperbesar / memperkecil konten sesuai ukuran layar.

5.1. Setelah scaling posisi dan ukuran konten pada layar, pilih konten yang akan di tampilkan dengan cara klik “asset” lalu pilih “select”.

CMI layout konten signagelive

5.2. Pertama pada page “new” artinya anda ingin menampilkan konten baru / belum terupload di cloud signagelive. Caranya cukup klik pada area kotak dalam tanda panah nomor 2. Lalu pilih konten dan klik “open”. Setelah itu centang kolom pada tanda panah nomor 5 lalu klik “OK”.

CMI scaling dan layout konten signagelive

5.3. Untuk page “library” berarti anda ingin memasang konten yang sudah di upload di cloud signagelive. Pilih dan klik konten yang anda inginkan, lalu klik “OK”

CMI cara scaling

Nah, sampai di sini, konten yang tampil pada layar pasti akan sesuai dengan layar anda / sesaui dengan apa yang anda inginkan.

Cara membuat layout konten

Taukah anda apa itu layout?. Layout adalah design / tata letak konten dalam satu layar digital. Jadi dalam satu layar, anda dapat membagi menjadi beberapa bentuk dan ukuran konten yang berbeda sesuai dengan kebutuhan.

CMI scaling dan layout Signagelive

Dengan signagelive anda dapat mengisi layout dengan beberapa fitur dan widget yang di sediakan. Sekarang kita akan bahas fitur dan widget apa saja yang dapat anda pasang untuk membuat layout anda.

1. Ticker feed / text berjalan merupakan salah satu layout yang umum di gunakan. Klik “select” pada kolom asset.

1.1. Untuk teks berjalan dapat di pasang secara online dan manual. Pada page new beri nama file untuk kolom name dan copy paste URL yang di inginkan. Selanjutnya klik “OK”.

CMI upload baru ticker feed / text berjalan

1.2. Jika ingin membuat kata-kata pada teks berjalan secara offline / manual. Klik “library” pilih teks / feed kemudian klok “OK”

1.3. Tapi jika anda belum pernah membuat / upload, anda harus membuat dulu kata-kata yang akan di jadikan teks berjalan. Kembali ke halaman layout dengan klik “tanda silang” pada pojok kanan atas / klik “cencel” pada pojok kanan bawah. Klik “content” lalu pilih “message manager template editor”.

CMI buat ticker feed / text berjalan

1.4. Klik “new feed”

CMI membuat teks berjalan

1.5. Isi kolom “title” sebagai label / nama file lalu klik “add item” pada pojok kanan bawah

CMI signagelive text berjalan

1.6. Isi kolom “title” sebagai text berjalan / ticker feed yang akan tampil pada layar. Kemudian isi kolom “description”, samakan dengan kolom title. Setelah itu klik “save”. Setelah selesai dan benar  akan ada notifikasi successfully.

1.7. Setelah membuat teks berjalan, jika anda ingin membuat pembatas antar text. Klik select pada kolom “separator”.

CMI separator / ticker Text Berjalan/ticker

1.8. Pada page “new”, klik bagian dalam kotak pada panah nomor 2. Lalu pilih pembatas yang anda inginkan, kemudian klik “open” pada tanda panah nomer 4. Beri ceklist pada kotak yang di tanda panah nomor 5, tunggu hingga proses upload selesai kemudian klik “OK”

CMI Separator / pembatas text berjalan

1.9. Jika anda sudah pernah upload di cloud signagelive. klik “library”, pilih pembatas yang anda inginkan kemudian klik “ok”.

CMI signagelive separator ticker

2. Fitur / widget selanjutnya adalah text. Perbedan text dan text berjalan / ticker feed. Text tidak bergerak / stay. Anda dapat mengatur Size, position, background, warna, font dan tulisan yang anda inginkan pada kolom properties. Pada kolom “asset”, text yang anda tulis akan tampil sebagai text pada layar.

3. Kemudian fitur image. Perbedaan image dan schadulable zone, Image hanya untuk gambar tidak bergerak. Cara upload image masih sama dan mudah seperti sebelumnya. Cukup klik “select” di kolom “asset” pada bagian properties.

CMI image layout signagelive

4. Page “new” untuk pilih konten baru dan “library” untuk konten yang sudah pernah di upload. Setelah itu klik “OK”.

CMI layout image signagelive

5. Anda juga bisa memasukkan website jika di butuhkan. Caranya juga masih sama dan sangat mudah. Klik “select” pada kolom “asset”.

CMI konten web / URL

5.1. Beri lebel / nama untuk file web yang akan di pasang. Masukkan URL web yang di inginkan, kemudian klik “OK”. Jika sudah pernah upload sebelumnya, bisa langsung cek pada page “library”.

CMI upload konten fitur website konten

6. Yang terakhir anda dapat memasang widget pada layout sebagai konten yang ingin di tampilkan. Widget di sini adalah fitur tambahan yang di support signagelive. Dengan widget anda dapat menampilkan berbagai macam hal seperti clock, calender, weather, youtube, sosmed, tv chanel dan masih banyak lagi. Klik select pada kolom asset

6.1. Pilih widget yang anda inginkan di page library, lalu klik “OK”.

6.2. Tapi jika belum ada, anda harus mengupload dulu widget yang anda inginkan. Caranya Kembali ke halaman layout dengan klik “tanda silang” pada pojok kanan atas / klik “cancel” pada pojok kanan bawah. Klik “content” plilih “playlist” lalu klik “creat / edit”.

cmi konten widget

6.3. Klik “Marketplace” pada bagian kiri atas.

6.4. Pilih widget yang ingin anda gunakan. Nah, ini yang sangat menarik. Signagelive menyediakan dan support banyak fitur widget yang bisa di gunakan. saat artikel ini di buat sudah ada 36 jenis widget yang bisa di gunakan. Kedepan mungkin widget akan terus bertambah / upgrade lagi, karena selama penulis menggunakan signagelive. sudah banyak penambahan fitur widget yang bisa di gunakan. Kali ini saya akan coba pasang widget clock. Klik “widget clock” seperti gambar di bawah.

6.5. Setelah itu akan tampil beberapa varian model yang di tawarkan. Pilih dan klik salah satu tipe widget yang anda inginkan.

CMI widget clock / jam signagelive

6.6. Klik “add to signagelive” pada bagian pojok kanan atas.

7. Setelah layout selesai, klik “save layout” pada bagian pojok kiri atas di bagian menu bar. Tulis nama file untuk kolom “nama”. klik save dan otomatis publish pada kolom hijau, dan save manual publish pada kolom biru. Sampai di sini cara scaling dan layout konten sudah selesai.

CMI publish konten widget signagelive
CMI publish konten widget

Untuk cara manual publish, sama seperti di artikel cara upload dan publish konten signagelive. klik “Content” pada menu dashboard, lalu klik “Publish”. Yang berbeda hanya pada kolom pertanyaan nomer 2, klik “layout”

CMI manual publish layout signagelive

Pilih layout yang tadi anda save, kemudian klik “OK”. 

Jika anda menggunakan widget ticker feed / text berjalan. Anda harus mengisi ticker zone dengan klik tanda plus “+” pada kolom.

Pilih ticker feed yang anda inginkan lalu klik “OK”.

Selanjutnya sama seperti biasa. setelah seslesai konten akan terpublish otomtis pada layar. hal yang perlu di ingat, semakin banyak jumlah / jenis layout, akan ada delay / waktu tunggu sampai konten terupload.

share
share
share
share
share
share

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Beli produk disini

Artikel yang bisa kamu baca selanjutnya.