marketing@cmi-led.com | +6221 666 75 020

Beragam Fungsi dan Manfaat LED Videotron Untuk Edukasi

LED videotron untuk edukasi

Pentingnya Media Edukasi

Taukah anda apa itu media edukasi?. Kata media berasal dari bahasa Latin dan merupakan bentuk jamak dari kata “medium” yang berarti perantara / pengantar. Media adalah perantara / pengantar pesan dari si pengirim (komunikator / sumber / source) kepada si penerima (komunikan / audience / receiver).

Edukasi adalah proses belajar mengajar yang bertujuan untuk mengembangkan potensi diri para peserta didik.

Media edukasi bisa juga di artikan sebagai alat / sarana / perantara yang di gunakan dalam proses interaksi untuk mendorong terjadinya proses belajar mengajar dengan tujuan untuk mengembangkan kepribadian, kecerdasan dan mendidik peserta untuk memiliki akhlak mulia, mampu mengendalikan diri dan memiliki keterampilan.

Dalam kegiatan proses belajar mengajar ada 5 komponen kurikulum yang sangat penting yaitu : Tujuan, materi, metode, media dan evaluasi pembelajaran.

Media edukasi merupakan bagian tak terpisahkan dari kegiatan belajar mengajar di sekolah, lembaga pendidikan hingga tempat ibadah. Pemanfaatan media edukasi juga merupakan upaya kreatif dan sistematis untuk menciptakan pengalaman yang dapat membantu proses belajar mengajar sehingga turut mempengaruhi iklim, kondisi, dan lingkungan belajar yang ditata dan diciptakan oleh tenaga / lembaga pendidik. Media edukasi yang digunakan bisa berupa : 

  • Media audio adalah media yang digunakan untuk menyampaikan materi pembelajaran menggunkan suara-suara atau yang berhubungan dengan indera pendengaran. (seperti radio, alat musik, perekam suara, sound sistem dan lain sebagainya dimana fokus objek ada pada aspek pendengaran sebagai penangkap informasi).
  • Media visual adalah media yang digunakan untuk menyampaikan materi atau bahan ajar dalam bentuk simbol-simbol visual. (seperti maket, text video, gambar, buku, digital visual / digital signage dan lain sebagainya ).
  • Media audio visual adalah media yang di gunakan untuk menyampaikan materi dengan menggabungkan media visual dan audio untuk menyampaikan edukasi (seperti TV, komputer, animasi bergerak, video dan lain sebagainya).
education with led videotron

Fungsi dan manfaat

Dari berbagai macam media edukasi, kali ini kita akan membahas tentang media visual berupa LED videotron. Banyak hal yang dapat di lakukan dengan media LED videotron untuk edukasi. Mulai dari menampilkan gambar, video hingga dikombinasikan dengan alat lain.

Menurut Levie & Lentz (1982) ada empat fungsi media visual untuk pembelajaran, di antaranya adalah sebagai berikut :

  1. Fungsi atensi, yaitu menarik dan mengarahkan perhatian. Bagi sebagian besar orang, media visual secara dominan dirasa lebih menarik dan menarik perhatian. Selain itu siswa memiliki kemungkinan mengingat isi informasi edukasi lebih besar dan lebih lama. 
  2. Fungsi afektif, yaitu menggugah perasaan, emosi dan tingkat menerima atau menolak terhadap sesuatu. Dengan informasi edukasi visual, Siswa akan lebih tersentuh secara emosional dan dapat lebih cepat dan tepat menentukan pilihan.
  3. Fungsi kognitif yaitu merangsang kemampuan otak untuk berpikir optimal. Dengan mengungkan media visual, akan memperlancar pencapaian tujuan untuk memahami dan mengingat informasi edukasi yang disampaikan.
  4. Fungsi kompensatoris yaitu media visual berfungsi membantu siswa yang lemah / lambat dalam menarima dan memahami isi pelajaran yang disajikan dengan teks atau verbal.

Dari semua fungsi tersebut, media visual LED videotron sangat mampu melakukan hal tersebut. di samping memberikan manfaat seperti :

  • Meningkatkan elektabilitas dan brand image.
  • Media edukasi dan informasi yang relefan.
  • Safety induction dan emergency allert.
  • Alat brainwash yang mudah dan efektif.
  • Investasi dan media advertising.
  • Media hiburan.
  • Media pengingat dan schaduling.
  • Learning experiance yang berbeda.
  • Bentuk bervarisi dan ukuran customise.
  • Portable and scalable.
  • Media penyalur kreatifitas dan bakat. 
led videotron for education

Area strategis LED videotron

Selain media visual yang powerful, hal lain yang perlu diperhatikan adalah informasi / konten dan penempatan media visual yang tepat. Berikut konten dan penempatan yang tepat LED videotron untuk edukasi :

1. Outdoor gedung / public area.

Berbicara tentang LED videotron yang berada di luar gedung, pasti anda sudah pernah melihat dan sudah tidak asing lagi bukan?. Ya, LED Videotron yang berada di gerbang atau menempel di bagian sisi gedung sudah banyak di gunakan. Selain dapat meningkatkan brand image, manfaat dan konten yang cocok untuk LED videotron di luar gedung juga perlu disesuaikan.

Lebih jelas tentang penggunaan LED videotron untuk outdoor gedung, manfaat utama dan konten LED videotron di luar gedung, klik di sini.

2. Ruang kelas.

Ruang kelas dapat dikatakan sebagai ruang terpenting dalam sebuah kegiatan edukasi. Walaupun sebenarnya dalam mengedukasi tidak melulu harus di ruang kelas. Tapi begitu pentingnya dalam membuat sebuah ruang kelas, harus memenuhi standart seperti yang sudah diatur pemerintah dalam Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 24 Tahun 2007.

Seberapa penting LED videotron di ruang kelas dan apa saja manfaat yang bisa diperoleh, klik di sini.

3. Auditorium / aula.

Ruang auditorium / aula merupakan ruang fleksibel yang sangat banyak memiliki fungsi dan manfaat. Dapat di fungsikan sebagai ruang olah raga indoor, pertunjukan tari, teater, paduan suara, konser band, musik tradisional, seminar, pelatihan, wisuda bahkan sebagian ada yang di gunakan sebagai fasilitas umum seperti tempat ibadah dan resepsi pernikahan. Jadi tidak salah jika ruang auditorium / aula sebaiknya di lengkapi dengan sarana yang memadai, fleksibel, portable dan scalabel.

Lebih jelas tentang fungsi dan manfaat LED pada ruang auditorium / aula, klik di sini.

4. Kantin.

Salah satu tempat lain yang tidak kalah pentingnya adalah kantin. Kantin merupakan tempat bersantai menghilangkan penat dan lapar. Bisa sambil makan, diskusi / bercanda bersama teman, mengkonsumsi informasi / berita ringan atau sekedar menonton hiburan. Area ini bisa menjadi tempat favorit bagi siapa saja. Jadi sebenarnya area kantin juga dapat dimanfaatkan untuk investasi dan edukasi secara maksimal. 

Lebih jelas cara memaksimalkan LED videotron di area kantin, klik di sini.

5. Ruang guru dan karyawan.

Ruang guru biasanya digunakan untuk para guru beristirahat atau mengerjakan tugas mereka. Terkadang juga menjadi tempat berkumpul dan berdiskusi, bahkan lebih formalnya dijadikan sebagai tempat rapat. Penggunaan LED videotron pada ruang guru sudah merupakan hal tidak aneh lagi saat ini. 

Lebih jelas tentang fungsi dan pemanfaatan LED videotron untuk ruang guru, klik di sini.

6. Perpustakaan dan laboratorium.

Ruang perpustakaan dan laboratorium mungkin terdengar seperti ruangan yang hanya berisi buku-buku dan berbagai macam alat peraga. Ruangan ini dibuat untuk mempermudah pemahaman tentang teori dan praktek edukasi. Penggunaan LED videotron tentunya dapat membantu memperjelas teori dan praktek edukasi yang di sampaikan.

Lebih Jelas fungsi dan manfaat LED videotron di perpustakaan dan laboratorium, klik di sini.

share
share
share
share
share
share

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Beli produk disini

Artikel yang bisa kamu baca selanjutnya.